Senin, 02 April 2012

Geografi


DEFENISI ILMU YANG BERKAITAN DENGAN GEOGRAFI
1.      Geofisika adalah pengetahuan tentang fisik bumi bagian dalam dengan memakai meto-de dan teknik fisika seperti mengukur gelombang gempa, magnet bumi, gravitasi, struk-tur lapisan kulit bumi, dsb. Ada juga geologi struktur yang mempelajari tentang susunan lapisan batuan (stratigrafi), bentuk atau bangun daripada kulit bumi akibat adanya gaya-gaya eksogen dan endo-gen yang bekerja.
2.      Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.
3.      Geologi adalah ilmu yang mem-pelajari bumi secarah keselu-ruhan meliputi: Asal kejadian, struktur, komposisi, sejarah hingga proses alamiah sampai pada kenampakan masa kini. Cabang-Cabang Geologi : Geofisika dan paleontologi.
4.      Geodesi adalah salah satu cabang ilmu matematika terpakai yang melakukan pengukuran atau pengamatan, menentukan bentuk dan ukuran bumi, menentukan posisi/koordinat titik, panjang dan arah di permukaan bumi, berikut melakukan studi gaya berat.
5.      Kartografi adalah suatu ilmu seni, sains dan teknologi menghasilkan peta bersama-sama dengan kajiannya sebagai saintifik dan berseni.
6.      Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang terjadinya, pergerakan dan distribusi air di bumi baik di atas maupun di permukaan bumi, tentang sifat fisik, kimia air serta reaksinya terhadap lingkungan dan hubungannya dengan kehidupan.
7.      Menurut Johnston, Geografi Regional pada dasarnya adalah studi tentang wilayah di permukaan bumi dengan mempergunakan analisis perbedaan wilayah (areal differentiation) dan persamaan wilayah (areal likenesses)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar